Globalisasi dan Manajemen

Globalisasi adalah proses masuk dan menyatunya warga dunia secara umum dan menyeluruh menjadi satu kesatuan kelompok masyarakat. Untuk mengetahui arti globalisasi, kita perlu mengetahui tiga fenomena penting yang saling terkait, yaitu: proximity, location, dan attitude.

Saat ini operasi bisnis tidak lagi sejauh pada masa sebelumnya untuk mencapai pemasok, pesaing, dan peraturan pemerintah. Terjadinya kedekatan ini disebabkan oleh kemajuan teknologi, sehingga memungkinkan seseorang untuk menejlajah dunia dalam beberapa menit melalui TV, video, faximile, internet, dan mobil phone. Kedekatan ini mengakibatkan jarak bukanlah menjadi masalah bagi manajer untuk melayani konsumen di seluruh pelososk dunia dalam waktu yang bersamaan.

Globalisasi dan Manajemen

Lokasi dan integrasi operasional organisasi antar negara merupakan secara keseluruhan. Misalkan: produk susu dari Mead Johnson - USA dapat dengan mudah diperoleh negara-negara lain, PT Sugizindo memperoleh lisensi untuk melakukan pengepakan di wilayah RI, dan PT Tigaraksa Satria yang mendistribusikan diseluruh Indonesia, tanpa harus kita membeli produk tersebut dinegara asalnya.

Globalisasi dan Manajemen

Globalisasi menunjukkan sesuatu yang baru, yaitu sikap yang terbuka mengenai praktik-praktik manajemen secara Internasional. Sikap ini mengkombinasikan keingintahuan mengenai dunia diluar batas-batas domestik dengan hasrat untuk mengembangkan kemampuan agar dapat berpartisipasi dalam ekonomi global.

DAFTAR PUSTAKA
Agung Sabardi, dkk. Manajemen Pengantar STIE YKPN, Penerbit STIE YKPN

0 komentar:

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com kumpulanrumusnya.comnya.com tipscantiknya.com